About

Pages

Senin, 13 Mei 2013

Berita

Teknologi Canggih Dibalik Penangkapan Tersangka Bom Boston

By Evi Fog on 23 Apr 2013, 14:43 A A A
Teknologi Canggih Dibalik Penangkapan Tersangka Bom Boston
(Vibiznews - Technology) Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana polisi negara bagian Massachusetts dapat memburu dan menangkap tersangka serangan bom Boston maraton di tempat persembunyiannya?
Seperti kita ketahui, tersangka Dzhokhar Tsarnaev saat ditangkap tengah bersembunyi di perahu, di bawah terpal, di Watertown, Massachusetts. Dzhokar Tsarnaev adalah tersangka pelaku pemboman pada acara Boston Marathon, bersama sang kakak Tamarlen Tsarnaev yang lebih dulu tewas saat baku tembak dengan polisi.
Dalam sebuah video berdurasi 3 menit, menunjukkan rekaman yang terlihat momen-momen penangkapan yang dilakukan oleh polisi, dan pengambilan video ini menggunakan teknologi canggih dari sebuah kamera FLIR yang diambil dari sebuah helikopter.
Kamera FLIR yang digunakan ini dilengkapi dengan sensor khusus yang dapat mendeteksi radiasi inframerah, seperti yang disebabkan oleh sumber panas. Secara khusus, sumber panas ini berasal dari tubuh manusia. Kemampuan canggih lainnya dari kamera FLIR adalah bisa melihat melalui asap, kabut, dan hambatan lainnya, termasuk terpal.
Dengan mengambil video thermal imaging dari helikopter, polisi mampu melihat Tsarnaev yang sedang bersembunyi di bawah terpal, dan ini tidak dapat terlihat dengan mata telanjang.
Thermal atau inframerah sering digunakan untuk berbagai industri dan keperluan termasuk untuk pemadam kebakaran, keamanan, berburu dan juga digunakan pada gedung-gedung.
Kamera FLIR dapat dibeli dengan harga USD 1000 atau sekitar IDR 10 juta.

(ey/EY/vbn)
By Evi Fog ,techno editor
vbn techno editor

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More