Boeing 747-8 adalah pesawat komersial berbadan lebar yang sedang dikembangkan oleh
Boeing Commercial Airplanes. Secara resmi Boeing mengumumkan proyek ini pada tahun 2005, evolusi 747-8 adalah varian terbaru dari
Boeing 747,
dengan memperpanjang badan pesawat, merancang ulang sayap dan
peningkatan efisiensi bahan bakar.pesawat ini juga mampu terbang dengan
kecepatan 0,85 mach(917 km/h) dan merupakan pesawat subsonik tercepat
didunia.
Latar
Airbus A380 memecahkan rekor
Boeing 747-400
sebagai pesawat terbesar di dunia.boeing berencana membuat boeing
747-advanced.tetapi tender itu gagal.pada akhirnya boeing membuat boeing
747-8.CEO boeing mengumumkan pada 25 january 2005.pada tahun
2009,boeing memulai pembuatan pesawat boeing 747-8 ini dengan versi
barang.pada tanggal 2 february 2010,boeing 747-8 ini keluar dari tempat
perakitan dari di washington.
Prototipe Pesawat Boeing 747-8F sedang terbang perdana
Versi
Boeing 747-8 freighter
Boeing 747-8 F milik Cargolux
Boeing ini adalah versi barang Boeing 747-8 ini. Pesawat dapat
mengangkut 345 ton Cargo.pesawat ini terbang pertama kali pada tahun
2010.pesawat ini sudah dipruduksi sebesar 5 buah.dengan pengguna
peratama
cargolux dan
all nippon cargo.747
telah menjadi sangat populer dengan pesawat Cargo Terbesar, membawa
sekitar setengah dari angkutan udara di dunia pada 2007 . Dalam upaya
untuk mempertahankan posisi dominan, Boeing merancang sebuah varian
barang dari 747-8, bernama 747-8 Freighter atau 747-8F, yang diluncurkan
pada tanggal 14 November 2005.747-8F akan menjadi model awal untuk
masuk ke layanan (EIS). Seperti pada Boeing 747-400F, dek atas lebih
pendek dari model penumpang, sedangkan 18 kaki 3 1 / 2 inci (5,575 m)
belakang dari sayap. Dengan lb 975.000 (442.000 kg) berat maksimum
take-off , akan memiliki kemampuan muatan total £ 308.000 (140.000 kg)
dan jarak maksimum 4.390 NMI (8.130 km). Empat ruang palet tambahan akan
dibuat pada dek utama, dengan baik dua tambahan kontainer dan dua
tambahan palet , palet atau tiga tambahan, di dek bawah. 747-8F
diharapkan untuk mencapai biaya operasi ton/mil 16% lebih rendah dari
747-400F dan menawarkan berbagai sedikit lebih besar. 747-8F akan
memiliki kapasitas muatan lebih tetapi kurang dari kisaran saat ini
747-400ERF.
Ketika Boeing meluncurkan-400ERF, kenaikan MTOW semua lb 35.000 (16.000
kg) atas 747-400F 875,000-910,000 (397,000-410,000 kg) memungkinkan
maskapai penerbangan untuk lepas landas dengan lebih banyak bahan bakar,
membakarnya selama penerbangan, dan tanah di berat yang sama seperti
yang biasa 747-400F. Hal ini meningkatkan jangkauan 747-400ERF
dibandingkan dengan 747-400F. Pembawa kargo sering bergerak mesin atau
beban terpisahkan yang memerlukan pesawat dengan muatan yang lebih
tinggi dan kemampuan mendarat. Seperti biasa dengan pesawat kargo,
rentang diberikan dengan payload maksimum, bukan bahan bakar. 65.000 £
747-8 (29.000 kg) meningkatkan MTOW telah diarahkan secara eksklusif
untuk nya Nol-Fuel berat badan atau kapasitas payload. Jika lepas landas
pada payload maksimum, 747-8 melepas dengan tank tidak penuh. Pada
perjalanan di mana muatan tidak maksimum, pesawat dapat mengambil lebih
banyak bahan bakar dan memperluas jangkauan.
Boeing 747-8 Intercontinental
Boeing 747-8I Lufthansa(D-ABYA)
Boeing 747-8I prototipe tiba di paris airshow
pesawat boeing ini adalah pesawat dengan varian penumpang.pesawat ini
di modivikasi di dek atas dan belakang.pesawat ini dipamerkan di
Boeing Everett Factory
seatle,washington.pesawat ini juga disebut pesawat antar benua,karena
pesawat dapat menempuh jarak 15.000 KM tampa mengisi bahan bakar dan
mengangkut 54 penumpang lebih banyak dibandingkan boeing 747
sebelumnya.type pesawat ini mementingkan kenyamanan pesawat,yaitu
mengganti lampu biasa dengan lampu LED,menambahkan Bar mini, mengubah
kursi biasa menjadi kursi aerodinamis, dan perancangan sistem suspensi
yang baru.Untuk 747-8, Boeing telah mengusulkan beberapa perubahan tata
letak interior pesawat. Kebanyakan terlihat akan tangga melengkung ke
dek atas dan pintu masuk utama penumpang lebih luas . Kabin utama 747-8
yang menggunakan interior yang sama dengan 787. Sampah overhead
melengkung, dan baris pusat dirancang untuk terlihat seolah-olah melekat
pada langit-langit melengkung, daripada diintegrasikan ke dalam kurva
langit-langit seperti pada 777 . Jendela juga akan ukuran mirip dengan
tipe yang digunakan pada 777, yang 8% lebih besar dibandingkan pada arus
747-400-an. 747-8 akan menampilkan baru sistem pencahayaan solid-state
light-emitting diode(LED) , yang dapat menciptakan suasana
pencahayaan.Teknologi LED juga menawarkan keandalan ditingkatkan dan
biaya pemeliharaan yang lebih rendah.Urutan pertama untuk 747-8
Intercontinental ditempatkan oleh pelanggan VIP yang dirahasiakan pada
Mei 2006, secara luas diyakini sebagai kepala negara Timur Tengah.
Lufthansa menjadi maskapai pertama yang memesan 747-8 Intercontinental pada 6 Desember 2006. Pada bulan Desember 2009,
Korean Air
mengumumkan pemesanan lima 747-8I.Boeing menyatakan konfigurasi
perusahaan untuk 8i-dicapai pada November 2007. Perakitan utama dari 8i
747-dimulai pada tanggal 8 Mei 2010. Tubuh bergabung terjadi pada
tanggal 15 Oktober 2010, sedikit lebih cepat dari jadwal yang
diproyeksikan. Majelis pertama 747-8i selesai pada bulan Februari 2011,
sebelum diresmikan pada upacara peluncuran di
Everett, Washington pada tanggal 13 Februari 2011.pengiriman dimulai pada akhir 2011. Pada tanggal 7 Maret 2011, diumumkan bahwa
Air China
telah sepakat untuk membeli lima 747-8Is, tunduk pada persetujuan
pemerintah, dengan harga $ 1,54 miliar.Air China mengatakan akan
menggunakan pesawat untuk meningkatkan layanan internasional. Gauntlet
tanah pengujian 8i-, yang tes sistem dengan mensimulasikan kondisi
penerbangan, berlangsung pada tanggal 12 dan 13, 2011. penerbangan
pertama 747-8i yang dilakukan pada tanggal 20 Maret 2011 dari Paine
Field di Everett, Washington. kedua 747-8i terbang pertama bulan
berikutnya dengan warna
Lufthansa.
Mesin
Mesin
General Electric NeXt generation 2b 67 atau GE NX 2B 76 adalah mesin yang dikembangkan oleh
General Electric Aviaton.mesin
ini mempunyai tingkat kebisingan nya paling rendah,efisiensi bahan
bakar, dan emisi yang dihasilkan juga rendah.mesin ini di modivikasi
dengan menggunakan Chevron(bentuk pisau gergaji)di belakang mesin.
Pemesanan
Update :27 april 2012
perbandingan dari pesawat besar didunia
Pemasaran dan Sales
versi kargo 747-8 telah dipesan dari berbagai maskapai penerbangan
kargo, saat pesawat memiliki manfaat yang serupa bagian pelatihan dan
dapat dipertukarkan dengan
Boeing 747-400
F. Selain itu, 747 memiliki sejarah panjang sebagai pesawat kargo yang
sukses, dan walaupun umurnya masih populer di kalangan operator, karena
memiliki kapasitas kargo yang lebih besar, dan rentang yang lebih
panjang daripada pesawat angkut lainnya. Dibandingkan dengan versi
kargo, penumpang versi 747-8 tidak dilihat sebagai banyak keberhasilan,
dengan jauh lebih sedikit pesanan. Airlines termasuk
Emirates dan
British Airways dianggap telah memesan 747-8 Intercontinental tetapi memilih untuk membeli
Airbus A380.
Di samping itu, ada pesanan 7 VIP untuk 747-8I oleh berbagai pelanggan .
Boeing Chairman dan CEO Jim McNerney diakui dalam panggilan konferensi
untuk Boeing investor pada 23 April 2008 yang ia ingin melihat lebih
banyak pesanan untuk versi penumpang 747-8.
Teknis
Boeing 747-8
Dimensi |
Boeing 747-8 F (versi barang) |
B747-8 Intercontinental (versi penumpang) |
Panjang |
76,25 m |
76,25 m |
Lebar (dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan) |
68,5 m |
68,45 m |
Tinggi |
19,35 m |
19,35 m |
Ketinggian maksimal |
14.000 kaki(13.000 m) |
14.000 Kaki(13.000 m) |
Berat bersih |
£ 421.200 (191.100 kg) |
£ 472.900 (214.500 kg) |
Berat maksimum untuk terbang |
£ 757.000 (343.000 kg) |
£ 682.000 (309.000 kg) |
Kecepatan maksimum |
Mach 0,845 (564 mph, 490 kn, 908 km / h) |
Mach 0,855 (570 mph, 495 kn, 917 km / h) |
Jarak maksimum |
4.475 nm (8.288 km) |
8.000 nm (15.000 km) |
Kapasitas kargo |
170,6 CBM (7 palet + 17 LD1s) |
158,6 CBM (4 palet + 14 LD1s) |
Contoh mesin |
4 × General Electric GEnx-2B67 masing masing dengan gaya 296 kN |
4 × General Electric GEnx-2B76 masing masing dengan gaya 296 kN |
Krew Kokpit |
2 |
2 |
Foto Lain
-
prototipe 747-8 terbang perdana
-
-
-
Boeing 747-8I Lufthansa(D-ABYA)belum dicatliverynya
Lihat Pula
Pranala luar
0 komentar:
Posting Komentar